Jumat, 29 April 2011

Tugas 2

Peranan konsumen

Konsumen juga bisa terdiri dari rumah tangga, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. akan tetapi, konsumen terbesar berasal dari rumah tangga. Dengan demikian dapat kita identikkan peran konsumen dengan peran rumah tangga. peran konsumen antara lain adalah sebagai berikut:
a. Sumber Tenaga Kerja
Rumah tangga merupakan sumber tenaga kerja bagi proses produksi yang dilakukan produsen. Dengan adanya tenaga kerja proses produksi dapat dilaksanakan dengan baik.
b. Sebagai Pengonsumsi Barang dan Jasa
Barang dan jasa yang dihasilkan produsen dikonsumsi oleh konsumen. Dengan demikian barang atau jasa tersebut berguna karena mampu memenuhi keinginginan konsumen.

Pendekatan Kardinal

Dalam pendekatan ini, konsumen dianggap mengonsumsi kombinasi barang untuk mendapatkan kepuasan yang maksimal dan tambahan kepuasan yang diperoleh dari tambhan konsumsi suatu barang secara terus-menerus akan semakin berkurang.
Dalam pendekatan kardinal sering dikenal istilah nilai guna total dan nilai guna marginal. nilai guna total adalah kepuasan total yang dinikmati oleh konsumen dalam mengonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu, sedangkan nilai guna marginal adalah tambahan kepasan yang dinikmati konsumen dari setiap tambahan barang aau jasa ang dikonsumsinya.

Pendekatan Ordinal

Dalam pendekatan ini berkaitan dengan seperti di bawah ini:
a. Pengertian Kurva Indiferen
kurva indiferen adalah kurva yang menerangkan tempat kedudukan titik-titik yang menunjukkan kombinasi barang-barang yang dikonsumsi konsumen yang memberikan kepuasan yang sama. Dalam menggambar kurva indiferen perlu diperhatikan beberapa ansumsi sebagai berikut:
1. Rasionalitas, artinya konsumen diasumsikan rasional dan berusaha memaksimalkan kepuasan.
2. Selera Konsumen tercermin dalam kurva indifferen yang terdiri dari banyak kurva indiferen yang tidak saling berpotongan satu sama lain.
3. kurva indiferen yang letaknya lebih jauh dari titik origin menggambarkan kepuasan konsumen yang lebih tinggi.
b. Garis Anggaran Konsumen (Budget Constraint)
Dalam memaksimalkan kepuasannya, konsumen dihadapkan kepada budget constraint (kendala anggaran) yang dimiliki oleh konsumen. Konsumen diasumsikan selalu memaksimalkan kepuasanna, dengan kata lain konsumen ingin berada di kurva indiferen yang paling jauh dari titik origin.Namun, untuk mencapai kurva indiferen ini, konsumen tidak bisa bebas karena dibatasi oleh anggaran yang terbatas. Selain itu, harga barang juga turut memengaruhi konsumen sehingga konsumen tidak bebas untuk mencapai tingkat kepuasan yang maksimal.
c. Keseimbangan Konsumen
Konsumen akan memperoleh kepuasan maksimum apabila menghabiskan semua pendapatannya untuk membeli dan mengonsumsi kombinasi barang saat garis anggaran tepat bersinggungan dengan kurva indiferen. keadaan ini disebut keseimbangan konsumen. keseimbangan konsumen ini terjadi saat marginal utility (nilai guna marginal).

Elastisitas
Menurut M. Suparmoko dan Maria R. Suparmoko elastisitas menunjukkan tanggapan dari variabel tidak bebas karena adanya perubahan dalam variabel bebas tertentu. Besarnya koefisien elastisitas ini ditunjukkan oleh perbandingan antara persentase perubahan dalam variabel tidak bebas dan persentase perubahan variabel bebas yang memengaruhinya.
Dalam hal permintaan dan penawaran terhadap suatu barang/jasa terdapat tiga macam elastisitas, yaitu elastisitas permintaan/penawaran karena perubahan harga, karena perubahan pendapatan, dan karena perubahan harga arang lain yang mempunyai hubungan dengan barang/jasa yang dibicarakan. Di sini hanya dibicarakan elastisitas permintaan/penawaran karena perubahan harga yang disebut dengan elastisitas harga dari permintaan/penawaran atau disebut juga elastisitas permintaan penawaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar